Ini Dia Beberapa Jenis Alat Selam Sederhana yang Bisa Membantu Menyelam di Dalam Air

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berarti memiliki banyak pantai indah untuk diselami. Kini sudah banyak area penyelaman yang terbuka untuk turis dalam negeri maupun luar negeri yang memamerkan keindahan laut Indonesia. Wisata selam memang dahulu masih terbilang sepi, namun bukan karena daya tariknya yang sedikit tetapi karena menyelam merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Perlu pelatihan untuk bisa melakukannya dengan aman karena habitat yang akan dimasuki bukanlah habitat umum untuk manusia. Selain pelatihan, alat selam juga diperlukan untuk memastikan Anda bisa beradaptasi di bawah air dalam waktu yang cukup lama.

Ketika manusia berada di bawah air, umumnya hanya akan bertahan paling lama satu menit sebelum ia kembali ke permukaan untuk menghirup udara dan bernafas kembali. Tentu saja hal ini dikarenakan manusia bernafas dengan paru-paru yang tak mentolerir adanya air yang masuk. Sedangkan untuk menikmati indahnya bawah laut, pastinya diperlukan waktu lebih lama dari satu menit sehingga manusia memerlukan alat bantu khususnya untuk bernafas agar bisa lebih lama berada di bawah air. Selain untuk bernafas, ada beberapa jenis alat lain yang juga bermanfaat untuk membantu manusia berenang di bawah air khususnya di laut.

ALat Selam

Banyak jenis alat yang bisa digunakan untuk membantu penyelaman terutama bagi para turis yang hanya ingin melihat-lihat keindahan alam bawah laut. Untuk menyelam dalam durasi yang tak terlalu lama dan kedalaman yang dangkal, Anda tak perlu membeli peralatan selam yang mahal ala profesional. Yang perlu Anda sediakan adalah beberapa alat selam sederhana seperti berikut ini:

  • Mask.

Merupakan penutup wajah yang menutupi bagian mata hingga hidung penyelam. Memiliki rongga yang memungkinkan penyelam bisa melihat dengan lebih jelas di area bawah air. Bentuk mask dirancang sedemikian hingga ia kedap udara.

  • Snorkel.

Berbentuk seperti pipa yang terbuat dari silicon. Panjangnya antara 12 hingga 14 inchi. Menghubungkan mask dengan udara luar ketika penyelam mendekati permukaan. Dengan snorkel, penyelam tak perlu keluar ke permukaan air untuk bisa mendapatkan udara segar. Semakin panjang snorkel maka durasi waktu selam bisa semakin lama.

  • Fins.

Fins adalah nama untuk kaki katak yang sering digunakan oleh para penyelam. Dengan fins, daya kayuh yang dihasilkan oleh kaki penyelam menjadi 10 kali lebih besar dibandingkan tanpa menggunakan fins. Dengan begitu penyelam bisa berenang dengan lebih cepat untuk menyusuri area bawah laut. Semakin cepat kayuhan maka semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk menikmati pemandangannya sehingga menghemat oksigen yang tersimpan di peralatan selam.

  • Wet suit.

Merupakan pakaian atau seragam yang digunakan oleh penyelam. Terbuat dari foam neoprene dan bersifat anti air. Meski begitu bukan berarti tubuh penyelam tak akan basah karena air. Wet suit berfungsi untuk menghindari penyelam dari cidera akibat goresan karang dan kedinginan. Namun wet suit juga tak bisa memberikan kehangatan maksimal karena memang hanya dirancang untuk mencegah penyelam mengalami penurunan suhu tubuh ekstrim saja.

Itulah beberapa alat selam sederhana yang harus Anda kenakan ketika akan melakukan olahraga selam ataupun berwisata bawah air menikmati panorama alami laut Indonesia. Banyak lokasi wisata pantai yang bisa Anda pilih untuk menyelam di Indonesia. Namun sebaiknya belilah dahulu varian alat penyelaman di atas baik di toko selam terdekat maupun di berbagai situs belanja online terpercaya sehingga Anda sudah memiliki alat yang akan digunakan ketika sudah tiba di lokasi penyelaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *