Indahnya Pantai Nglolang Yogyakarta

Pantai Nglolang menjadi pilihan tujuan wisata keren di Jogja tepatnya di Desa Kemadang, Tanjungsari. Pantai Nglolang yang terletak di di sebelah barat Sepanjang merupakan salah satu pantai yang belum banyak dikenal pengunjung.

Tak heran jika suasana di pantai ini relatif lebih tenang dan sepi, berbeda dengan pantai-pantai lain yang sudah ramai dan memiliki banyak fasilitas untuk pengunjung.

Pantainya tidak begitu panjang dan diapit 2 buah bukit, namun hamparan pasir putih di sela-sela bongkahan batuan karang menjadikan eksotisme tersendiri dari pantai ini.

“Saat pengunjung menikmati Pantai Nglolang seolah memiliki pantai pribadi yang tidak terganggu dengan aktivitas dunia luar,” kata salah seorang warga, Didit, Senin (16/10/2017).

Keindahan biota laut dengan ikan-ikan kecil di sela-sela karang, alga, serta bintang laut mudah untuk disaksikan di kawasan pantai ini.

Bahkan saat air laut sedang surut, pengunjung dapat melakukan snorkeling dan menyaksikan keelokan kehidupan bawah laut yang masih alami. Namun pengunjung harus membawa snorkel pribadi karena di sekitar lokasi belum ada penyewaan snorkel seperti di Pantai Nglambor ataupun Sadranan.

Saat senja datang, dan langit tidak mendung, pengunjung bisa melihat matahari terbenam. “Belum banyak yang mengetahui keindahan Pantai Nglolang, padahal ini hanya beberapa meter barat Pantai Sepanjang,” katanya.

Salah seorang pengunjung asal Magelang, Kurniawan mengaku baru mengetahui keindahan Pantai Nglolang dari temannya.

Wisata Jogja Pantai Nglolang

Laki-laki penyuka fotografi ini mengagumi keindahan pantai yang diapit dua tebing ini. “Meski kesannya sempit tetapi pemandangannya bagus dan yang saya sukai belum banyak pengunjung jadi masih bersih,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hari Sukmono mengakui untuk pengembangan pariwisata tidak bisa semuanya dikembangkan. “Tidak semua potensi wisata langsung digarap dan dipromosikan. Salah satunya untuk menjaga keseimbangan alam,” katanya.

Pemkab Gunungkidul terus berupaya mengembangkan potensi pantai seperti Krakal, Baron, hingga Drini. Pengembangan potensi ini dilakukan mulai dari pembangunan infrastruktur hingga sumber daya manusia.

“Kita terus mengembangkan wisata sesuai dengan nafas lokal atau dalam artian menggandeng sumber daya masyarakat lokal,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *