Tips Mudah Memilih Makanan Kucing yang Tepat di Pasaran

Memelihara anjing atau kucing berarti Anda harus belajar bertanggungjawab dengan hewan peliharaan tersebut. Memutuskan untuk memelihara anjing atau kucing bukan berarti Anda mendapatkan teman bermain baru, tetapi lebih dari itu. Anda harus bertanggungjawab memberi makanan serta mengajaknya bermain. Hewan sama dengan manusia, butuh makanan kucing dan bermain serta perlakuan yang manis agar tetap bertahan dan terhindar dari stres.

Makanan Kucing Anggora Persia

Banyak orang menyangka memelihara kucing atau anjing adalah hal yang gampang. Pada kenyataannya tidak demikian, sebab Anda dituntut untuk mampu mengenali hewan peliharaan sebaik mungkin. Termasuk memilih makanan yang tepat untuk mereka. Sayangnya masih banyak orang yang bingung memilih makanan yang tepat untuk kucing mereka. Untuk menjawab segala kebingungan Anda tersebut, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Komposisi bahan

Kucing terlahir sebagai hewan karnivora yang lebih menyukai daging daripada bahan makanan lainnya. Anda perlu memahami betul hal tersebut, agar bisa memilih produk yang paling tepat. Produk olahan makanan kucing anggora dan persia murah kualitas terbaik harusnya mengandung daging jauh lebih banyak daripada komposisi bahan lainnya. Pasalnya kucing jauh lebih menyukai daging daripada biji-bijian ataupun sayur. Hindari produk yang mengandung lebih banyak bahan-bahan non daging atau biji-bijian, sebab akan sangat dibenci oleh kucing.

  • Bahan pengawet

Semua produk olahan memerlukan tambahan pengawet buatan untuk bertahan lama. Begitu pula dengan makanan hewan, ada tambahan bahan pengawet supaya tidak mudah rusak. Jangan pernah pilih produk yang mengandung bahan pengawet buatan, seperti BHA, BTH, maupun ethoxyquin. Tak ada salahnya membaca kandungan bahan pada kemasan sebelum benar-benar membeli.

  • Sumber karbohidrat

Kebutuhan karbohidrat harus dipenuhi oleh tubuh sebagai sumber energi. Pada produk olahan, Anda akan mendapati bahan-bahan yang menjadi sumber karbohidrat utama pada makanan hewan. Kebanyakan produk memanfaatkan biji-bijian, jagung dan gandum sebagai sumber karbohidrat. Anda harus mewaspadai kandungan tersebut, sebab beberapa kucing akan mengalami alergi saat menyantapnya. Tapi bukan berarti semua kucing akan mengalami alergi yang sama, Anda tetap harus melakukan observasi.

  • Bahan sampingan

Maksud dari bahan sampingan disini adalah tambahan limbah atau sisa makanan untuk menu utama kucing Anda. Masih banyak orang yang berpendapat sisa makanan dan limbah bisa ditolerir oleh tubuh kucing. Sebagian besar adapula yang merasa makanan sisa maupun limbah sudah tidak layak dikonsumsi oleh kucing. Oleh karena itu, berhati-hatilah bila Anda masih ingin memberikannya pada kucing, terlebih jika bahan sampingan tersebut bersifat racun.

Pada dasarnya memilih makanan hewan gampang-gampang susah. Bagi Anda yang telah terbiasa memelihara hewan, baik kucing dan anjing, memilih produk makanan tidak terlalu sulit. Pengalaman mengurus hewan-hewan sebelumnya akan membantu insting Anda menemukan jenis makanan yang dirasa tepat dan aman. Namun akan berbeda jika Anda sama sekali tidak memiliki pengalaman memelihara hewan sebelumnya. Dibutuhkan kepekaan dan pengetahuan dasar apa saja yang disukai dan dibenci hewan sebagai bahan makanan.

Kucing pastinya tidak bisa memprotes makanan yang Anda berikan pada mereka. Secara alami, tubuh kucinglah yang akan memberikan pertanda apakah mereka menyukai makanan olahan yang diberikan atau tidak. Sebagai pemilik kucing, Anda hanya perlu mengecek setiap makanan kucing sebelum benar-benar diberikan. Pastikan tidak ada kandungan berbahaya yang tercantum pada komposisi bahan di belakang kemasan. Sesuaikan pula dengan anggaran yang Anda miliki, supaya di kemudian hari tidak terlalu berat untuk memenuhinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *